Tamrin Sattung

Think Globally, Act Locally

  • It’s Me

    _B012447
  • ... Think the way to make the complex world to be simple words ...

Evaluation of Existing Structures

Posted by tamrin on July 15, 2009

Saat memulai tulisan ini, saya agak bingung juga mencari kalimat yang pas untuk dijadikan judul sehingga akhirnya memakai judul di atas, dalam bahasa inggris. Meskipun demikian, isi tulisan ini tetap memakai bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, kurang lebih padanannya adalah Evaluasi terhadap struktur bangunan yang sudah ada.

Mengapa perlu evaluasi? Suatu struktur / bangunan perlu dievaluasi untuk memastikan struktur tersebut mampu memikul beban-beban yang bekerja padanya. Evaluasi dilakukan untuk memverifikasi dan menentukan kemampuan struktur dalam menanggung pembebanan yang ada. Evaluasi juga bisa dilakukan karena ada keraguan terhadap keamanan struktur atau bisa juga karena ada perbedaan kondisi pembebanan aktual dengan pembebanan rencana.

Untuk bangunan yang sudah berumur, misalnya bangunan pabrik yang sudah lama beroperasi, evaluasi kekuatan struktur biasanya dilakukan jika ada perubahan equipment pada bangunan tersebut yang mempengaruhi pola pembebanannya.

Bagaimana evaluasi dilakukan? Evaluasi struktur dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain Analisis Struktur, Uji Beban atau kombinasi antara keduanya.

Analisis struktur biasanya dilakukan jika tersedia cukup data mengenai karakteristik struktur (dimesi penampang, dll), material properties (kuat tarik, kuat tekan, dll), konfigurasi struktur (panjang bentang balok, tinggi kolom, dll) data pembebanan (beban aktual, beban yang akan ditambahkan jika ada).

Jika data yang tersedia kurang memadai, uji beban dapat dilakukan. Uji beban dilakukan dengan pola pembebanan yang menghasilkan respon maksimum pada bagian struktur atau komponen struktur yang kritis. Pola pembebanan bisa lebih dari satu.

Setelah melakukan evaluasi, engineer dapat memutuskan apakah suatu struktur / bangunan masih layak dan aman untuk memikul beban-beban yang ada. Jika struktur tidak mampu lagi dengan pembenan yang ada maka untuk tetap mencapai keamanan struktur, perlu pengurangan beban-beban pada struktur. Selain itu, bisa juga dilakukan perkuatan pada struktur sehingga diperoleh angka keamanan yang memadai.

Leave a comment